Jumat, 01 Juni 2012

Tahukah kalian? Bahwa ternyata bahasa Mandarin adalah bahasa dengan penutur terbanyak di dunia !


         Bahasa Mandarin boleh saja menjadi bahasa internasional kedua setelah bahasa Inggris. Tapi pada kenyataannya, bahasa ini adalah bahasa yang paling banyak dituturkan oleh orang di seluruh dunia. Hal ini bisa terjadi karena jumlah penduduk di China/Tiongkok saat ini diperkirakan hampir mencapai 1,4 milyar juta jiwa dan semua penduduknya diwajibkan bertutur kata resmi dalam satu bahasa yaitu Bahasa Mandarin. Termasuk para imigran dari China yang tetap setia menggunakan bahasa Mandarin walaupun mereka tidak berada di tanah airnya.
         Survey membuktikan bahwa jumlah penutur bahasa Mandarin berjumlah sebanyak kurang lebih 1,5 milyar jiwa. Jumlah ini mengalahkan jumlah penutur bahasa Inggris yaitu sebanyak kurang lebih 500 juta jiwa. Padahal, pengucapan bahasa Mandarin cukup sulit dan rumit. Hal inilah yang dituturkan oleh Ananta Ayu Wulansari dari kelas X-6. “Sebenarnya, yang susah dari bahasa Mandarin itu ya pengucapannya.”. Bahasa yang menggunakan aksara China ini berasal dari sebutan orang asing kepada pembesar-pembesar Dinasti Qing di zaman dulu. Dinasti Qing adalah dinasti yang didirikan oleh suku Manchu, sehingga pembesar-pembesar kekaisaran biasanya disebut sebagai Mandaren (Hanzi: 滿大人) yang berarti Yang Mulia Manchu. Dari sinilah, bahasa yang digunakan oleh para pejabat Manchu waktu itu juga disebut sebagai bahasa Mandaren. Penulisannya berevolusi menjadi Mandarin di kemudian hari.
         Namun bila dilihat di lingkungan SMA Negeri 5 Surabaya terutama siswa-siswi yang memilih kelas bahasa Mandarin, kenyataannya 40 dari mereka mengaku tidak mengetahui bahwa bahasa Mandarin adalah bahasa dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Nampaknya ini merupakan pengetahuan baru untuk kita.(miw/acr)

Contoh catatan Bahasa Mandarin dan kamus elektronik yang  dilengkapi kamus Mandarin (ayr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar