Rabu, 10 April 2013

Ohh, Kencur


Bentuknya kecil, berwarna coklat, baunya harum untuk sebagian orang, rasanya enak untuk sebagian orang, hanya dengan melemparnya ke tanah ia akan tumbuh dengan alami, dan dengan sinar matahari, tidak terlalu basah serta setengah ternaungi ia dapat tumbuh subur. Ya temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air, kencur.
Sejak jaman dahulu kencur telah dikenal sebagai tanaman obat yang banyak digunakan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kencur antara lain adalah untuk membantu meringankan sakit kepala, influenza, keselo dan beberapa penyakir ringan lainya.
Khasiat kencur juga telah dikenal sejak jaman dahulu untuk membantu melangsingkan tubuh, meringankan serangan penyakit migrain, mengobati asthma, mengobati penyakit rematik, mengobati tetanus, batuk serta mampu menghilangkan jerawat.
Teman-teman, ternyata sebagian besar Smalane mengetahui temu ini. bukan hanya mengetahui tetapi juga mengonsumsi. Contohnya SS PSGS dan SS Pas-Q V, ke-2 SS ini tidak asing dengan kencur. Bahkan di latihannya mereka sering mengonsumsi kencur. Para anggota PSGS dan Pas-Q V mengonsumsi kencur itu agar latihan mereka dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala dengan suara mereka.
Mengintip sehari latihan Pas-Q V, selain mereka latihan PBB dan latihan fisik ternyata disela-sela latihan, mereka mengonsumsi 1 potong kencur. Pernah di saat latihan mereka makan kencur hingga beberapa kali dengan jumlah kencur yang sedikit lebih banyak. Cara memakannya, pertama ambil satu atau dua potong kencur. Lalu letakkan kencur itu ke gigi taring di samping kanan dan kiri serta gigit. Lalu tutup mulut dan gigit serta kunyah sampai halus lalu telan kencur. Disarankan agar kencur utuh tidak diletakkan langsung di tengah mulut agar saat akan menggigit dan mengunyahnya tidak ingin memuntahkan kencur.
“Pertama ngerasain baunya itu tidak enak dan rasanya aneh pedas. Tetapi lama kelamaan aku jadi suka”, pengakuan Cindy X.9 salah satu angkatan XXI Pas-Q V. “Manfaat untuk stamina badan jadi lebih fit dan segar. Selain itu suara kita jadi lebih keras”, tutur Cindy X.9 saat tanya tentang manfaat dari kencur.
“Rasa kencur itu kayak apel tapi pedes, gurih krenyes-krenyes gitu. Pertama makan kencur rasanya gak enak banget tapi lama kelamaan jadi terbiasa”, tutur Tasya X.9 salah satu angkatan XXI Pas-Q V saat ditanya tentang kesan makan kencur seraya tertawa. “Manfaatnya kayak buat nguatin suara dan menurutku Pas-Q V butuh itu agar teriakannya jadi menggelegar. Selain itu aku tersugesti kencur itu menguatkan fisik”, lanjut Tasya X.9. (aid)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar