Rabu, 17 April 2013

Akun Twitter Baru Milik SBY

Berkembangnya teknologi pada masa kini membuat akses internet tak lagi susah untuk didapat, tidak seperti beberapa tahun yang lalu saat perangkat komputer masih dianggap sebagai suatu barang mewah yang tak semua orang dapat miliki. Kini hanya bermodal sebuah handphone segenggaman tangan saja setiap orang di dunia sudah dapat memperoleh informasi terbaru dengan cepat dan mudah secara online.
Meningkatnya penggunaan internet juga berbanding lurus dengan jumlah pengguna sosial media di dunia maya. Sosial media menjadi semakin popular dikalangan pengguna internet dengan kehadiran Friendster pada tahun 2008, hingga facebook, dan yang paling banyak digandrungi saat ini: Twitter. Hampir semua pengguna internet kini mempunyai akun di tiap sosial media, tidak mengenal jenis kelamin, tidak memandang usia, dan pekerjaan. Dari pelajar, para pekerja kantoran, artis Ibu Kota, hingga beberapa pejabat negara kini mempunyai akun pribadi di tiap social media. Bagaimana tidak, sosial media memang merupakan fasilitas yang paling mudah dan cepat untuk menjembatani hubungan interaksi sosial antar manusia.
Peran sosial media semakin terlihat dan terbukti dengan berita baru – baru ini yang cukup menghebohkan rakyat Indonesia, terutama pengguna aktif Internet dan sosial media dengan kehadiran akun twitter resmi baru milik presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (@SBYudhoyono). Akun twitter yang diluncurkan perdana oleh SBY pada sabtu malam kemarin (13/4) di Istana Cipanas, dengan tweet pertama beliau yang berbunyi “Halo Indonesia, saya bergabung ke dunia twitter untuk berbagi sapa, pandangan, dan inspirasi. Salam kenal *SBY*” langsung mendapat banyak respon dan tanggapan, terhitung ada 2000 lebih pengguna twitter yang langsung menanggapi tweet pertama orang nomor satu di Indonesia tersebut. Hingga rabu ini, sudah ada lebih dari satu juta orang yang me-follow akun resmi pak presiden.
SBY melalui akun twitternya menyampaikan sejumlah pemikiran dan keputusan serta tindakan yang beliau ambil mengenai beberapa hal di Indonesia. Seperti tentang kecelakaan pesawat Lion Air di Denpasar, arahan tentang keterlambatan sebagian soal ujian nasional tingkat SMA,dan juga arahan mengenai upaya untuk menjaga stabilitas pertaniaan dengan pengelolaan pupuk.  SBY juga memberikan tips untuk pelajar Indonesia dalam menghadapi unas, serta beberapa petikan dari perkataan SBY yang di tweet oleh Staf Khusus miliknya.
Selain men-tweet, SBY juga mulai mengikuti akun twitter lain milik keluarga besarnya, beberapa pejabat negara, serta sebagian wartawan nasional yang beruntung. Dalam waktu singkat, akun twitter milik SBY telah mendapakan tanda centang atau Verified Account dari pihak twitter.
Munculnya akun resmi SBY tentu saja mendapat berbagai macam tanggapan dari masyarakat Indonesia, tentu saja sebagian menyambut baik, namun juga banyak yang memberikan kritik pedas untuk bapak presiden. Seperti ucap Aldo Lesmana, Bendahara II Osis di Smala, “Sebenarnya ada sisi positif dan negatifnya.positifnya, SBY bakal lebih mengetahui pendapat masyarakat Indonesia tentang masalah di Indonesia, dan juga dapat memudahkan masyarakat untuk mengerti pendapat dan pemikiran SBY sebagai presiden. Tapi juga ada sisi negatifnya, karena banyak masyarakat yang mempunyai mindset berbeda. Contohnya kebanyakan dari mereka berpikir SBY kurang kerjaan dan kemungkinan akan menurunkan kinerjanya sebagai pemimpin kalau terus update di twitter, dan akan ada banyak orang yang mention kritik dan hujatan untuk pak SBY sendiri yang terlalu berlebihan. At least, akun twitter pak SBY tidak akan memberikan dampak yang signifikan, hanya saja mindset beberapa masyarakat perlu dirubah.” Beda lagi dengan pendapat Desy Mevianti, yang berkata bahwa akun twitter pak SBY hanya akan benar-benar bermanfaat jika SBY memang sungguh-sungguh membaca dan memberikan respon positif terhadap kritik dan masukan yang disampaikan oleh masyarakat lewat twitter.
SBY sendiri dalam acara peluncuran akun twitternya secara resmi yang diliput oleh beberapa wartawan, berkata bahwa alasan dirinya membuat akun twitter adalah untuk dapat berkomunikasi secara langsung dengan rakyatnya. Sebelumnya SBY pernah membuat layanan SMS dan surat untuk berhubungan langsung dengan rakyat. Namun karena melihat dahsyatnya perkembangan sosial media, salah satunya twitter, SBY pun memutuskan untuk membuat akun twitter. Semoga saja akun twitter baru milik orang nomor satu di Indonesia ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kinerja pemerintah dengan masukan serta beberapa kritik yang dapat disampaikan  masyarakat secara langsung.(ai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar