Selasa, 11 Oktober 2011

Konser PS Gita Smala: Die Jahrezeiten 2011



Sabtu, 8 Oktober 2011, adalah hari yang paling ditunggu-tunggu bagi Smalane dan lapisan masyarakat lainnya. Untuk pertama kalinya sebuah konser oratorio diadakan oleh paduan suara SMA dan berkolaborasi dengan orkestra. Siapa lagi yang mengadakan konser ini jika bukan Paduan Suara Gita Smala atau yang dikenal sebagai Gita Smala Youth Choir? Konser ini berjudul Die Jahreszeiten, yang diambil dari judul oratorio seorang musikus berkebangsaan Jerman Franz Joseph Haydn. Dilaksanakan di Auditorium SMAK Petra 1 Surabaya, konser ini menampilkan Lista Orchestra; Coro Simplice; solis dari Batavia Madrigal Singers yaitu Christine Tobing, Adri Wibowo dan Hari Santosa; serta Gita Smala Youth Choir tentu saja.
Konser ini dihadiri oleh sekitar 1000 orang yang terdiri atas Smalane, alumni SMA Negeri 5 Surabaya, siswa-siswi SMP dan SMA se-Surabaya, serta para undangan VVIP dan perwakilan dari pihak sponsor. Panitia sudah berada di lokasi sejak pukul 15.00 WIB dari jadwal mulai konser pada pukul 19.00 WIB. Para panitia melakukan serangkaian persiapan mulai dari tiket, dekorasi, hingga wardrobe. Open gate dimulai pukul 18.00 WIB dan para pengunjung mulai menyerbu bagian penukaran dan pembelian tiket. Pelayanan tiket tak kunjung berhenti hingga pukul 19.00 WIB, saat pihak panitia terkait sudah melakukan close gate. Hingga pukul 19.30 WIB pun masih ada yang baru memesan tiket, walaupun sudah hampir semuanya terjual.
Konser ini berjalan selama tiga jam dan dibagi menjadi dua sesi. Dua sesi tersebut terdiri atas empat tema lagu yang menggambarkan empat musim di wilayah non-tropis, sesuai dengan judulnya, Die Jahreszeiten (Bahasa Inggris: The Seasons). Satu sesi memakan waktu sekitar 1,5 jam. Antusiasme para hadirin pada ruangan cukup meriah pada awal berjalannya konser, namun tidak menimbulkan keributan yang berarti. Di tengah-tengah konser, beberapa dari hadirin keluar dari auditorium, dan ada beberapa yang tertidur atau mengobrol satu sama lain. Namun sebagian besar hadirin, terutama VVIP, menikmati alunan orkestra, suara merdu solis, serta penampilan Gita Smala Youth Choir. Setiap lagu yang ditampilkan tidak luput dari tepuk tangan hadirin yang meriah.
Pukul 22.00 WIB konser berakhir dan disambut oleh standing applause dari para hadirin. Kepala SMAN 5 Surabaya, Drs. Suhariono MM, memberi karangan bunga untuk orang-orang yang disebutkan namanya seusai lagu dinyanyikan. Seusai konser, beberapa hadirin, panitia, anggota Gita Smala Youth Choir, orkestra, dan solis mengabadikan momen mereka dengan berfoto terlebih dahulu di belakang panggung. Ucapan selamat dan pujian pun tak henti-hentinya diucapkan dari para wali murid dan Smalane kepada anggota Gita Smala Youth Choir ketika mereka keluar dari auditorium. Akhirnya, konser berjalan sukses dan mendapat apresiasi dari berbagai lapisan masyarakat.(ram)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar