Sabtu, 26 November 2011

A Tribute from Previous, A Tribute to the Earth


Pentas seni SMA sering kali diabaikan dan diremehkan esensinya; dimana pihak luar hanya melihat sisi tampilan yang dirasa kurang berbobot dan tujuannya yang sekedar ‘menghibur’. Namun di acara Rendezvous 2012 serta Previous (Pra Event Rendezvous), SMAN 5 Surabaya memberi warna baru dengan diusungnya tema Tribute to the Earth, atau Persembahan untuk Bumi. Benar-benar persembahan, karena seluruh detail dan kegiatan Rendezvous didedikasikan untuk bumi yang telah berjuta tahun kita huni ini.
Ada alasan tersendiri dibalik pemilihan tema Tribute to the Earth. Baru-baru ini, Smala berhasil meraih predikat sebagai sekolah adiwiyata. Karena ingin menularkan semangat menyelamatkan bumi kepada generasi muda dengan cara yang menyenangkan dan mudah diterima, Smala memilih tema Tribute To the Earth dengan harapan segala kegiatan dan lomba-lomba di Previous dan Rendezvous bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi kaum muda agar lebih peduli kepada bumi yang mereka tinggali.
Tidak seperti SMA-SMA lain yang pensinya hanya mengandalkan bintang tamu dan atraksi panggung untuk menarik penonton, Smala menambah satu kegiatan sebagai pelengkap pensi berupa lomba-lomba yang diadakan sebelum Rendezvous berlangsung. Lomba-lomba ini dikemas dalam wadah bernama Previous yang bertujuan agar para generasi muda lebih sadar lingkungan melalui cara-cara yang menyenangkan dan mudah diterima oleh kaum remaja dalam lomba fotografi, band, dan membuat film pendek.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, lomba band diadakan untuk mengaudisi band mana yang akan dipilih untuk tampil di Rendezvous. Jika memenangkan lomba ini, prestisnya cukup tinggi karena pesertanya tak terbatas alias untuk umum dan kesempatan untuk tampil sepanggung dengan bintang tamu Rendezvous tentu sangat jarang didapatkan.
Sedangkan lomba fotografi kali ini yang masih berkaitan dengan tema Tribute to the Earth, objeknya berhubungan dengan usaha manusia untuk menyelamatkan bumi. Istimewanya, foto-foto yang didapat dari peserta nanti akan ditampilkan di Rendezvous dalam bentuk galeri atau pameran. Kemudian, panitia akan menyediakan balot bagi para pengunjung untuk memilih foto terfavorit.
Yang paling fresh di Previous kali ini adalah lomba film pendek. Dengan adanya lomba ini, pihak Smala berharap para peserta bisa menghasilkan karya berdurasi 12 hingga 15 menit yang mampu menggugah penontonnya untuk menyelamatkan bumi. Agar lebih mudah, para peserta biasanya sudah memiliki rekaman film terlebih dahulu dalam kurun waktu beberapa tahun sebelumnya. Kemudian, rekaman-rekaman tersebut disatukan dalam bentuk film dokumenter. Namun jika ada yang membuat film berformat baru dengan aktris, aktor, kru, dan sebagainya, tetap dipersilahkan.
Dan seperti halnya menu makanan di sebuah resto elegan kelas atas, tak akan lengkap rasanya jika penikmat pensi hanya menonton Rendezvous tanpa mengikuti Previous, atau sebaliknya. Menurut Korbid Acara Rendezvous 2012, Asyfi Dwinanda, banyak sekali keuntungan yang bisa didapat dari mengikuti lomba-lomba di Previous.
Ambil contoh untuk murid SMP sebagai calon siswa di Smala. Dengan mengikuti lomba-lomba di Previous, pastinya agar bisa punya nama dulu di Smala sekaligus untuk mengembangkan hobi. Untuk mahasiswa, karena lomba-lomba untuk mereka biasanya yang serius seperti karya tulis ilmiah, cerdas cermat, dan sejeisnya, kali ini Smala membuka peluang bagi mereka untuk mengikuti lomba yang lebih fresh dan menyenangkan. Juga jarang sekali ada lomba band yang ditujukan untuk umum atau semua khalayak, baik tua, muda, pelajar, mahasiswa, pekerja, dll.
Ditambah lagi, pihak panitia Rendezvous 2012 telah resmi mengundang Glenn Fredly sebagai bintang tamu Rendezvous. Salah satu penyebab utamanya adalah karena penyanyi bersuara khas ini adalah pendiri Green Music Foundation, organisasi non-profit yang berkonsentrasi pada pendidikan dan keselamatan bumi (proyek pertamanya adalah menyelenggarakan Earth Festival yang melibatkan lebih dari 40 musisi dalam rangka memperingati Hari Bumi), yang sangat mendukung tema Tribute To the Earth.
Previous sebagai penutup tahun yang manis di penghujung 2011 dan Rendezvous menjadi pembuka yang mengesankan di awal 2012—how can a high school gig be more fun that that ? (cay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar