Minggu, 13 Januari 2013


Resolusi Bacaan di Tahun 2013

            Kegiatan membaca pasti sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Apalagi, di sekolah kita tercinta pun sudah diselenggarakan waktu khusus untuk membaca atau yang sering dikenal dengan kegiatan literasi. Nah, di tahun 2013 ini pasti smalane sudah membuat resolusi untuk cita-cita yang akan dicapai bukan? Jika begitu, bagaimana dengan resolusi bacaan di tahun ini? Jika belum, berikut beberapa resolusi yang bisa smalane coba.

   1.      Tetapkan jumlah bacaan
Berkaitan dengan berapa banyak jumlah buku yang ingin dibaca, ada baiknya  disesuaikan dengan kemampuan diri kita juga. Tidak perlu menargetkan yang terlalu tinggi. Jika ragu berapa banyak kapasitas baca, kita bisa mencoba situs “Reading Challenge” untuk mengetahuinya. Namun, jangan merasa minder dengan orang lain yang menargetkan bacaan lebih tinggi dari kita. Karena, kecepatan membaca setiap orang pastilah berbeda. Fokuslah pada target yang telah ditentukan dan berusahalah untuk mencapainya.

   2.      Tetapkan jenis buku apa yang ingin dibaca
Tetapkanlah buku-buku yang ingin dibaca, sehingga kita bisa lebih fokus dalam mencari buku-buku yang ingin dibaca di tahun ini. Buku jenis apa yang menjadi favorit kalian? Apakah kisah-kisah roman, ataukah cerita misteri kriminal yang menegangkan? Atau mungkin kalian lebih suka buku-buku nonfiksi seperti filsafat dan menghindari bacaan fiksi serta petualangan? Di tahun ini tidak ada salahnya jika kita memperluas genre bacaan. Jika biasanya kalian suka membaca kisah roman, maka kali ini kalian bisa mencoba untuk melahap buku-buku detektif, buku anak, atau pun buku nonfiksi. Dengan memperluas genre bacaan, kita akan tahu banyak hal di luar jenis buku-buku favorit kita. Sehingga, jenis bacaan pun akan semakin kaya.

   3.      Membuat resensi dari buku yang dibaca
Buku adalah gudang ilmu. Sehingga, sayang sekali jika bacaan yang sudah kalian baca sehari-hari akan terlupakan begitu saja. Menghindari hal tersebut, ada baiknya jika kita membiasakan diri untuk menulis resensi dari setiap buku yang telah dibaca. Tidak perlu terlalu panjang, cukup berisikan gambaran singkat bacaan tersebut. Kalian bisa membuatnya di jurnal pribadi atau pun di blog. Selain membantu untuk mengingat, kita juga bisa membantu orang lain yang berminat dengan novel tersebut.

Itulah beberapa tips resolusi bacaan di tahun 2013. Kalian juga bisa menetapkan resolusi lain yang sesuai dengan diri masing-masing. Selamat membaca! (nad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar