Selasa, 12 Februari 2013

Mengenal Tim Sosial Lebih Dekat


Smalane pasti masih ingat kan dengan kegiatan sosial yang baru saja diadakan beberapa minggu yang lalu? Yap, posko sosial! Yuk kini kita kenal lebih dekat tim yang sudah bekerja dengan keras dibaliknya, siapa lagi jika bukan Tim Sosial.
Tim sosial ini merupakan salah satu organisasi OSIS Smala yang berada dibawah naungan sekbid dua. Sebelumnya, Tim Sosial berada di bawah naungan sekbid empat, dan baru dua tahun belakangan berpindah menjadi naungan sekbid dua yang bergerak di bidang sosial. Sejak awal berdirinya,seluruh anggota tim sosial terdiri dari siswa kelas X, baik sekretaris bidang, pengawas, dan juga anggota-anggotanya yang merupakan perwakilan dari tiap kelas X. Bisa dibilang, tim sosial adalah organisasi lain yang bisa diikuti oleh Smalane kelas X selain OSIS dan MPK.

Anggota Tim Sosial 2012 - 2013
Program kerja tahunan yang dimiliki tim sosial sangat beragam, seperti posko sosial, tabung sosial, acara khitanan masal yang biasa disebut senyuman, juga acara bakti sosial atau bianglala yang rutin diadakan tiap tahunnya. Belum lagi bantuan kemanusiaan lain yang bersifat non insidental seperti pengumpulan uang duka jika ada salah satu Smalane atau keluarganya yang sedang terkena musibah, pembagian kartu ucapan ulang tahun untuk Smalane, juga pada peringatan hari besar tertentu. Seperti salah satu contoh, ketika hari ibu yang bertepatan dengan jadwal pengambilan rapor bulan Desember kemarin, Tim Sosial membagikan bunga dan kartu ucapan kepada para ibu yang datang untuk mengambil rapor anak-anaknya.
Kegiatan-kegiatan yang diadakan Tim Sosial ini mempunyai tujuan, antara lain untuk meningkatkan rasa sosialisasi Smalane terhadap sesama, meningkatkan kepedulian dan rasa kekeluargaan antar Smalane, meningkatkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, juga sebagai sarana untuk membantu orang-orang yang kurang beruntung. Dengan tujuan-tujuan yang mulia itu, kegiatan sosial yang diadakan oleh Tim Sosial dari tahun ketahun selalu berjalan dengan sukses. Ketika ditanya tentang apa tips dibalik kesuksesan itu, Azizah Hadi X-VII berkata “Supaya Smalane tidak salah mengerti, sosialisasi yang kita lakukan benar-benar maksimal dari tiap kelas ke kelas. Karena dengan pemahaman yang tepat dan jelas akan tujuan program kerja kami itu, smalane akan dengan aktif membantu pelaksanaan program kerja kami. Dan dari bantuan Smalane itulah kegiatan dapat berjalan dengan lancar.”
 “Di tabung sosial yang kami titipkan ke tiap kelas setiap dua minggu sekali selalu ada transparasi sebelumnya mengenai penggunaan uang tersebut. Uang yang sudah terkumpul banyak kami gunakan untuk menjalankan program kerja tahunan yang sudah terencana sebelumnya, juga untuk membantu Pak Bon dan bakti sosial ke anak-anak yatim.” jawabnya ketika ditanya tentang pelaksanaan salah satu proker timsos. “Ada beberapa perubahan, jika tahun sebelumnya tabung sosial berbentuk kotak dan dinamakan kotak sosial, tahun ini bentuknya tabung dan ditutupi kertas kado yang lucu lucu, supaya Smalane lebih tertarik,” imbuhnya.
Tim sosial sendiri berharap agar dengan kegiatan yang sudah mereka buat, akan tercipta Smalane yang berjiwa sosial, dan peka terhadap lingkungan. Yuk Smalane, mari wujudkan harapan Tim Sosial kita bersama!(ai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar