Jumat, 18 Mei 2012

Bilingual Bukanlah Suatu Keharusan


SERIUS : proses pembelajaran di kelas (ayr) 

         
Selama ini, tentu banyak yang mengira bahwa proses pembelajaran di sekolah yang menyandang predikat Sekolah Berstandar Internasional (SBI), harus menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia atau yang lebih dikenal dengan bilingual.
            “Ya diharuskan toh. Setauku guru-gurunya udah dapat pembinaan dari pemerintah. Dan emang seharusnya pembelajarannya pake bahasa Inggris gitu,” ujar Rossinta Indahsari, salah satu Smalane dari kelas X-1.
            Nah ternyata, persepsi banyak orang mengenai hal ini adalah salah besar. Pada kenyataannya, program yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan ini tidak mengharuskan sekolah yang menyandang predikat SBI menggunakan bilingual dalam setiap proses kegiatan belajar mengajar.
            Seperti yang dikatakan oleh Bapak Abdul Latif, salah satu guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Surabaya, “Sekolah yang bisa mendapatkan predikat SBI adalah sekolah-sekolah yang mampu mengasilkan output-output andalan yang bisa setara dengan output-output di kancah dunia internasional.”
            “Tapi, tidak berarti sekolah SBI harus selalu menggunakan bahasa Inggris saat proses pembelajarannya. Penggunaan bahasa Inggris itu tergantung kemampuan sekolah. Yang penting konten yang diajarkan berstandar Internasional,” lanjut beliau.
            Ya, predikat SBI yang disandang oleh suatu sekolah merupakan tanggung jawab sekolah tersebut untuk mampu menghasilkan output yang berstandar Internasional juga. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberikan ilmu yang kontennya berstandar Internasional.
            Namun yang lebih ditekankan adalah bagaimana cara agar penyampaian konten tersebut dapat disampaikan secara baik. Nah, agar proses pembelajaran dan penyerapan ilmu berjalan baik, Dinas Pendidikan memberikan kewenangan penuh kepada setiap sekolah yang menyandang predikat SBI untuk memilih bahasa pengantar apa, yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar. (acr/miw)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar